Pentingnya Berpikir Kreatif dalam Digital Marketing

  • Useful
  • 3
  • Unuseful

Memasuki zaman perkembangan teknologi informasi diawali adanya kemajuan teknologi komunikasi ke era digital dimana bisa mengirim foto, video dan didukung jangkauan gelombang wifi yang makin meluas menyebabkan kita bisa beli sesuatu melalui gawai.

Dampak Perilaku konsumen dalam membeli dengan model digital marketing adalah : 

  1. Efisiensi waktu dan biaya antara penjual dan pembeli
  2. Efisiensi organisasi dan tenaga kerja, karena hubungan langsung produsen ke end user akan memotong struktur pasar di tingkat retailer.
  3. Menumbuhkan dan meningkatkan usaha transportasi logistik
  4. Menumbuhkan wirausaha kecil bisa bersaing di opportunity / kesempatan yang sama. Karena sebelumnya pengusaha yang besar memiliki modal yang cukup untuk investasi di tempat yang strategis yang premium. Hal itu tidak dapat dilakukan pengusaha kecil, tetapi di era digital perusahan besar dan kecil memiliki lembar promosi yang sama yaitu di layar gawai.

Volume dan banyak macam produk yang masuk pada pasar online membuat masalah baru, yaitu “ bagaimana  produk yang anda tawarkan mendapat perhatian calon konsumen yang disasar ? Apa yang jadi pembeda dari penawaran produk sejenis sehingga orang yang melihat di media online mau berhenti memperhatikan detail produk yang ditawarkan sampai pada pengambil keputusan membeli. Sehingga dituntut kreativitas untuk menciptakan diferensiasi produk, kualitas produk, diferensiasi content promosi digital yang menarik bagi calon pelanggan.

Inovasi dan kreativitas merupakan keharusan untuk meningkatkan daya saing dengan kompetitor yang terus mengalami perubahan dan strategi penting membuat bisnis bisa tumbuh (Trott. P, 2008).

Kreativitas bisa dilakukan pada proses Marketing seperti cara menarik perhatian calon konsumen. Kreativitas juga bisa dilakukan setelah penjualan (after sales services). Sehingga Trott P memberikan rumusan inovasi sebagai berikut: Innovation =  theoretical conception + Technical Invention + commercial explosion.

Pentingnya Berpikir Kreatif  dalam Digital Marketing

Troot P, 2008 menunjukkan kreativitas dipengaruhi tiga faktor yaitu internal motivasi personil organisasi dan tersedianya sumber daya seperti sarana dan kesempatan untuk melakukan kreativitas dan development dan keterampilan kreativitas personilnya berpikir keluar dari keseharian atau pakem “biasanya”. Motivasi personil organisasi bisa tumbuh.

karena adanya motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik motivasi intrinsik merupakan motivasi yang timbul dari nurani personilnya. Sedang motivasi ekstrinsik memerluka  sarana pendukung seperti bonus, sistem penilaian kinerja, reward kenaikan upah, atau mendapatkan penghargaan dari perusahaan. Tersedianya sumber daya untuk kreativitas sangat diperlukan karena akan timbul fase percobaan visualisasi inovasi kreatif. Keterampilan berkreasi adalah suatu proses yang dapat dilatih . 

Bersaing kreativitas karena semua memiliki kesempatan yang sama. 

Dengan dunia internet , semua usaha dapat memiliki kesempatan yang sama baik histogram, facebook dana lainnya. Sejauh mana kreativitas membuat produk yang ditawarkan menarik perhatian konsumen dan disukai konsumen. Memerlukan kreativitas yang berkelanjutan untuk memenangkan pilihan konsumen. Jain (2012) mengatakan keberhasilan bisnis dengan digital marketing hal pertama adalah intensitas konsumen bisa mengexplore informasi yang anda berikan termasuk di website. 

hipotesis bahwa kreativitas mempengaruhi keberhasilan dalam Digital marketing. Karena kreatifitas yang membuat diferensiasi produk dan promosi digital sangat menentukan dalam ketatnya bisnis digital marketing 

Novice Asked on November 15, 2019 in Digital Marketing.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

pengen bljar digital marketing tpi msih gk PD saya hehehe

Competent Answered on January 14, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

mantab sharingnya

Novice Answered on May 20, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

👍👍👍

Novice Answered on August 27, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

Klo dengan growth hack marketing vs digital marketing sama atau berbeda ya?

Novice Answered on January 9, 2021.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.