Penjelasan CDN

  • Useful
  • 0
  • Unuseful

Saya sering dengar istilah CDN dalam forum luar atau bahasan hosting di facebook. boleh dong penjelasannya apa itu CDN?

Novice Asked on November 26, 2019 in Hosting.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

CDN atau Content Delivery Network adalah kumpulan dari server global yang terletak di beberapa data center dan tersebar di berbagai negara. Jaringan ini berfungsi untuk mengirimkan konten dari server ke suatu website.

Yang dilakukan oleh CDN adalah meningkatkan kecepatan pengiriman data melalui jaringan server kepada visitor dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan. Mungkin Anda berpikir jika Anda menggunakan hosting yang powerful, seperti VPS atau dedicated server, menggunakan CDN tidak memiliki efek yang cukup berarti.

Padahal, tidak peduli seberapa besar resource server yang Anda miliki, lokasi dari sebuah server adalah salah satu faktor krusial untuk meningkatkan kecepatan sebuah website.

Jaringan Pengiriman Konten atau Content Delivery Network (CDN), salah satu kegunaannya adalah untuk mempercepat pemuatan situs web. Fungsinya untuk memastikan pengiriman konten statis (gambar, CSS, JavaScript, video, dll.) Dari lokasi server terdekat ke pengguna yang mengakses situs web Anda. Ini dapat meningkatkan kecepatan respons situs web ketika diakses.

Katakanlah lokasi visitor berada di Malaysia, sedangkan server dari website Anda berada di Inggris. Karena jarak antara lokasi visitor dan server, pengiriman konten memerlukan proses waktu yang lama. Tapi, dengan adanya server CDN berada di beberapa tempat (misalnya Malaysia, Inggris, dan Amerika) proses pengiriman konten dapat lebih cepat.

Keuntungan Menggunakan CDN

  1. CDN adalah solusi tepat untuk website yang memiliki banyak visitor.
  2. CDN memastikan sebuah website dapat diakses secara global.
  3. CDN cukup efektif mengurangi penggunaan resource (misalnya disk space dan bandwidth).
  4. CDN meningkatkan kecepatan loading situs web, terutama jika lokasi visitor dekat dengan server CDN.
  5. CDN dapat meningkatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.
  6. CDN mendukung semua tipe website dan hosting.
Novice Answered on November 26, 2019.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

klo menurut saya sendiri  CDN itu ya memang jaringan pengirim konten  ….  misal nih  kita akses Website yg pake CDN  dari  indonesia pakai ip asli indonesia (jgn pake vpn) tetapi  si Website ini nghost di arab sana  (jadi baik itu file php html js css gambar  semua berada di arab) __  ya nnti si Website ini akan tetap terasa cepat di aksesnya,  soalnya secara otomatis CDN itu bakal mindahin  jaringan lokasi si Website  ke lokasi terdekat (biasanya Singapore)  ….

Competent Answered on December 19, 2019.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.