Mana Yang Lebih Baik Web Bisnis Menggunakan 3 VPS Atau Hanya 1 VPS

  • Useful
  • 0
  • Unuseful

jadi mana yang lebih baik untuk membangun sebuah web bisnis yang aman,

web bisnis pertama menggunakan 3 vps dengan detail 1 untuk host file website, 1 untuk database, dan 1 lagi untuk payment gateway.

web bisnis yang kedua hanya menggunakan 1 VPS saja, host file website, database, dan payment gateway dalam satu server.

berikan pendapat Anda mengenai hal tersebut, meliputi aspek keamanan, fungsionalitas, ke stabilan server, kemudahan maintenance, dan sebagainya, lalu apa alasannya?

Novice Asked on January 24, 2022 in VPS.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

Terkait penggunaan VPS sebenarnya bisa diukur dengan berbanding lurusnya perkembangan bisnis, pastikan dimana saat ini posisi bisnis kamu dengan menggunakan analytics untuk mengukur seperti apa aktivitas di aplikasi / websitemu.

Jika memang unit bisnismu masih tahap awal dengan angka di analytics yang masih tergolong rendah, cukup gunakan 1 server / vm / vps saja, selain managenya juga mudah, hal tersebut juga tidak menyita banyak waktu, dan tentu bisa lebih fokus terkait security basic.

Selain analytics rajin rajinlah memeriksa kondisi server / vm di waktu high loadnya, cek kapasitas CPU, RAM, Disk dll. Bisa dipastikan Analytics tools akan selalu sejalan dengan resource yang dipakai.

Kamu bisa mulai memikirkan melakukan pemisahan server / vm ketika kondisi bisnismu sudah mulai berjalan, analytics yang stabil dan penggunaan resource yang memang sudah mendekati batasnya, ketika seperti ini kamu memang akan membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mengurus 3 server tersebut, tapi ini jauh lebih baik dibandingkan unit bisnismu terhenti karena server yang overload.

Mulailah melakukan audit aplikasimu dari sisi performa, contohnya mulai cek kembali query query database yang mungkin jadi bottleneck di server. Lakukanlah optimasi pada query tersebut. Mulailah mempelajari tools automation supaya bisa menciptakan standar kinerja, konfigurasi dan keamanan yang sama terhadap server / vm yang kamu miliki. Untuk maintenance tentu kamu harus bersedia melakukan check and balance berkala untuk tiap node / server / vm yang kamu miliki. Sekian,

Terima kasih

Forum Master Answered on January 25, 2022.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.