Apa Saja Manfaat VPS?

  • Useful
  • 0
  • Unuseful

Virtual Private Server (VPS) merupakan server virtual yang keseluruhan resource-nya hanya bisa digunakan oleh pengguna tertentu saja. Karena memiliki kapasitas super besar dan bersifat pribadi, biasanya VPS digunakan oleh lembaga bisnis atau perusahaan.
Kenapa sih VPS itu recommended? Ini dia beberapa manfaat VPS:

1. Mampu menampung trafik super tinggi
Dengan VPS, kita nggak perlu lagi takut terkena suspensi domain karena rebutan resource dengan tetangga. Jadi, mau trafiknya setinggi apapun, dijamin akan tetap lancar, cepat, dan nggak ada lagi rebut-rebutan!

2. Membangun beberapa server virtual
Kita bisa lho memecah server utama VPS menjadi beberapa server virtual. Artinya, fungsi VPS ini memungkinkan kita membuat web hosting sendiri untuk klien. Bahkan, kita juga tetap memiliki kontrol penuh pada server mereka.

3. Menyediakan fitur penyimpanan file secara online
VPS membuat kita memiliki tempat penyimpanan berbasis cloud yang bisa diakses secara pribadi maupun oleh pengunjung website. Berbeda dengan jenis hosting lain yang di mana kita hanya bisa menggunakannya untuk keperluan pembuatan website.

4. Mengontrol server secara remote
Di mana pun lokasi kita, VPS memungkinkan kita mengontrol server secara remote. Dengan begitu, kita pun bisa lebih bebas mengakses komputer dan server kita.

5. Memiliki VPN khusus
Fungsi VPS berikutnya yaitu membuat kita bisa memiliki VPN khusus. VPN yaitu jaringan yang bisa diakses melalui internet dan hanya memberikan akses pada orang-orang tertentu.

Jadi, VPS memungkinkan kita memiliki jaringan privat yang cuma bisa digunakan oleh karyawan-karyawan perusahaan. Alhasil, penyimpanan dan pertukaran data pun lebih aman, deh!

6. Menyediakan server percobaan

VPS memfasilitasi kita dengan adanya server percobaan. Kita bisa memakai server percobaan ini untuk melakukan percobaan software atau aplikasi.

Memang, fitur ini juga ditawarkan oleh dedicated server. Namun, kita bisa mendapatkan server percobaan dengan harga lebih murah jika menggunakan VPS. Kalau bisa lebih murah dan fiturnya tetap lengkap, kenapa masih memilih yang mahal? Hehehe…

7. Menyimpan data backup
Selain memungkinkan kita memiliki penyimpanan berbasis cloud, kita juga bisa lho menggunakan fungsi VPS untuk menyimpan data backup. Bahkan, kapasitas yang tersedia pun cukup besar. Niagahoster sendiri menyediakan paket layanan VPS dari 20 GB hingga 160 GB. Pokoknya, cukup deh untuk menampung data-data penting kita!

Nah, sekarang kita sudah lebih mengenal manfaat VPS. Dari rincian manfaatnya, nggak heran kan kalau VPS menjadi salah satu rekomendasi hosting terbaik untuk skala perusahaan? Hehehe…

Novice Asked on August 14, 2020 in VPS.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

Simplenya:

1. Hosting = Ruko di dalem MALL

2. VPS = MALL nya bosku!

Novice Answered on September 24, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.