5 Tips Memilih Web Hosting bagi Pemula

  • Useful
  • 0
  • Unuseful

Memilih web hosting untuk website tak boleh asal pilih, loh. Salah-salah, website Anda jadi sering down dan lemot. Pengunjung website Anda pun jadi tidak bisa mengunjungi website Anda. 

Anda tentu tak ingin hal itu terjadi, bukan? 

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memilih web hosting untuk website Anda. Sehingga, website Anda bisa berjalan dengan maksimal. Nah, kira-kira apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam memilih web hosting? 

Di sini, kami akan memberikan beberapa kriteria dalam memilih web hosting Indonesia berkualitas yang bisa Anda terapkan. Simak penjelasannya berikut ini. 

5 Tips Memilih Web Hosting yang Bisa Anda Terapkan!

1. Kualitas Performa Server Baik 

Sebelum membeli web hosting, Anda perlu mengetahui kualitas performa server terlebih dahulu. Untuk mengetahui kualitasnya, Anda bisa memperhatikan spesifikasi server yang ditawarkan. 

Spesifikasi ini mencakup, kecepatan prosesor (jenis ataupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk, network speed, dan sistem keamanan. Semakin besar atau tinggi kapasitasnya, maka akan semakin baik performanya. 

2. Customer Support Berkualitas 

Selain kualitas server yang baik, memiliki customer support yang berkualitas juga perlu jadi pertimbangan Anda dalam memilih layanan web hosting. Tim customer support ini nantinya akan siap sedia membantu Anda ketika Anda mengalami kendala teknis. 

Idealnya, tim layanan customer support tersedia selama 24 jam non stop. Untuk itu, pastikan Anda memilih layanan customer support yang tersedia selama 24 jam setiap hari. Anda juga perlu memilih layanan yang menyediakan pilihan komunikasi yang memudahkan Anda, seperti via WhatsApp, email, maupun panggilan telepon

3. Harga Terjangkau

Dalam memilih layanan web hosting, pastikan Anda mendapatkan harga terbaik. Jangan sampai Anda membayar terlalu mahal untuk layanan dengan spesifikasi yang sama di penyedia layanan lain. 

Namun, jangan pula tergiur dengan harga yang murah namun kualitas layanan yang ditawarkan tidak baik. Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk benar-benar memperhatikan layanan yang Anda pakai namun harga tetap terjangkau. 

4. Mudah Dioperasikan 

Jika Anda seorang pemula yang tidak memiliki skil coding, Anda tentu membutuhkan layanan web hosting untuk website yang simpel dan mudah dioperasikan. 

Pilihlah layanan yang menyediakan tutorial lengkap dan tips-tips untuk mengembangkan website Anda. Jadi meskipun Anda tak memiliki skill teknis atau coding, Anda tetap bisa membuat website sendiri

5. Review Pelanggan Baik

Terakhir, jika Anda masih ragu dalam memilih layanan web hosting, Anda bisa melihat review dari pelanggan lain. Coba telusuri media sosial, blog, hingga forum untuk mendapatkan ulasan mengenai layanan web hosting tersebut. Pelajari kelebihan dan kekurangannya lalu refleksikan dengan kebutuhan website yang Anda inginkan.

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih web hosting terbaik. Hal yang paling penting adalah perhatikan kebutuhan website Anda. Jika Anda ingin membuat website toko online dengan perkiraan pengunjung yang besar, Anda perlu memilih kapasitas performa server dan keamanan yang cukup tinggi. 

Sekian tips memilih web hosting dari kami. Apabila Anda memiliki pengalaman dan ingin berbagi mengenai tips memilih web hosting terbaik, silakan tulis di kolom komentar, ya!

Novice Asked on August 14, 2020 in Hosting.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.